Tanpa Disadari 5 Kebiasaan Makan Ini Bikin Badan Gemuk, lho!

Ups, perhatikan ya No. 3!

Tanpa Disadari 5 Kebiasaan Makan Ini Bikin Badan Gemuk, lho!mirror.co.uk

Tentunya, kamu sangat mendambakan bentuk tubuh yang ideal, bukan?  Karenanya, tak heran jika banyak orang berlomba-lomba melakukan berbagai cara untuk memiliki tubuh idamannya. Mulai dari berolahraga hingga mencoba berbagai jenis diet.

Tunggu dulu! Sebelum kamu melakukan hal yang dirasa tepat sebagai upaya penyempurna tubuh kamu, perhatikan terlebih dahulu gaya hidup terutama kebiasaan makan harian kamu karena ternyata kebiasaan makan yang salah bukan hanya membuat badan kamu gemuk setiap harinya. Salah makan juga dapat merusak kesehatan organ-organ dalam, seperti lambung dan usus. Tidak mau itu terjadi bukan? Untuk itu, yuk, ketahui kebiasaan makan seperti apa yang harus dihindari untuk mendapatkan tubuh ideal serta menjaga kesehatan tubuh.

1. Jarang menimbang berat badan.

source:

Tahukah kamu, bahwa penelitian dari Universitas Minnesota menumukan bahwa para diater yang peduli atau sadar timbangan dapat menurunkan berat badan mereka hingga 12 pon per tahun, sementara mereka yang mengabaikan timbangan hanya turun 4 pon pertahun. Jadi,  untuk menjaga tubuh ideal kamu rajinlah menimbang berat badan minimal satu kali dalam seminggu, ya! 

2. Sering melawatkan sarapan.

Banyak orang yang melewatkan waktu breakfast nya  dikarenakan sedang menjalankan program diet tertentu. Padahal harus kamu ketahui, sarapan merupakan jam makan yang paling penting,lho. Mengapa? Karena, sarapan akan menghasilkan energi yang dapat kamu gunakan untuk beraktivitas seharian.Nah, jika kamu melewatkan sarapan, untuk mengganti energi yang terkuras seharan kemungkinan terbesar kamu akan makan berlebih pada siang bahkan sore hari. Jadi, yuk, biasakan sarapan! Eits. tapi ingat jangan makan secara berlebihan, ya!

3. Menonton televisi sambil menikmati makanan ringan atau "ngemil".

source:

Menonton televisi disertai dengan ngemil, memang sangatlah nikmat. Tapi, jangan terlena dengan kenikmatannya. Karena, kebiasaan ini ternyata dapat membuat berat badan naik. Karena, secara tidak sadar perhatian dan fokus kamu akan terbagi-bagi yang menyebabkan kamu akan terus makan tanpa menyadari bahwa perut sudah kenyang. 

4. Kebanyakan mengonsumsi makanan sehat.

source:

Ternyata, makanan sehat yang dirasa dapat mengurangi berat badan kamu, justru menjadi boomerang untuk kamu sendiri. Alhasil tubuhpun menjadi semakin gemuk. Dikutip dari Journal of the American Medical Association, makanan sehat, seperti alpukat, oatmeal, dan sayuran hijau tetap mengandung kalori. Nah, jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut, tubuh tetap akan mengubah kalori berlebih menjadi lemak. Jadi, intinya jangan terlalu berlebihan dan selektif untuk mengonsumsi makanan, ya!

5. Sekali makan tetapi dalam porsi banyak.

source:

Mengapa makan dengan porsi besar sekaligus dapat membuat badan semakin melar? Karena hal ini bukan hanya memicu obesitas, tapi juga diabetes. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Mount Sinai School of Medicine yang menyatakan bahwa kebiasan makan banyak dalam waktu singkat terbukti dapat memicu timbulnya  gangguan pada fungsi sinyal insulin di otak. Akibatnya, insulin tidak dapat bekerja secara efektif dalam melakukan pemecahan lemak di jaringan adiposa.

Jadi, jika kamu masih sering melakukan kebiasaan makan seperti di atas, segera hindari kebiasaan makan yang seperti itu, ya. Yuk, miliki tubuh ideal dan sehat dengan menerapkan pola hidup yang baik. Semangat dan Selamat mencoba!

 

Sumber: http://www.go-dok.com/6-kebiasaan-makan-yang-membuat-badan-anda-melar/

Aisy Nabilla

Belajar, Kerja, Hasil..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI