Ternyata, dalam kehidupan kita sehari-hari ada banyak rumor tentang kesehatan yang seringkali kita percaya begitu saja. Padahal, rumor ataupun mitos itu bisa jadi tidak benar adanya dan mungkin beberapa hanya berupa spekulasi yang belum terbukti dengan penelitian ilmiah. 

Nah, kali ini, IDN Times akan merangkum beberapa fakta tentang kesehatan yang bertentangan dengan mitos yang selama ini beredar di masyarakat.

1. Masa kehamilan tidak selalu berlangsung selama 40 minggu

8 Fakta Soal Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orangpexels.com/ freestocks.org

Ketika melewati masa kehamilan, patokan yang digunakan secara medis untuk menghitung hingga masa lahiran adalah 40 minggu. Jangan langsung cemas ketika masa kehamilan yang kamu atau saudarimu alami lewat atau kurang dari itu. Faktanya, setiap bayi punya hitungan waktu yang berbeda-beda dan hanya 5% yang benar-benar lahir di waktu yang diprediksi dokter.

2. Gendut bukan berarti kamu tidak sehat

8 Fakta Soal Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orangpexels.com/Victor Freitas

Seringkali orang yang gendut dicap sebagai orang yang tidak sehat. Padahal, tidak semua orang gendut berarti mereka menderita obesitas lho. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Stephen dan Blair bahkan menyebutkan bahwa kematian orang gemuk yang berolahraga rutin berjumlah setengah dari kematian orang-orang yang memiliki berat badan normal. 

3. Makanan organik ternyata tetap mengandung pestisida

8 Fakta Soal Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orangpexels.com/Pixabay

Jika selama ini kamu berpikir bahwa makanan organik itu bebas dari pestisida dan bahan kimia lainnya, kamu salah. Sebenarnya tidak ada jenis sayuran atau buah-buahan apapun yang benar-benar bebas dari campur tangan zat kimia. Hanya saja, jumlah zat kimia di dalamnya memang lebih sedikit dibanding makanan non-organik.

4. Madu bukan gula alami dan terkadang tidak lebih baik daripada gula yang diproses

8 Fakta Soal Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orangpexels.com/Pixabay

 Dalam satu sendok makan madu terdapat kandungan 64 kalori sementara gula hanya mengandung 49 kalori dalam satu sendok makannya. Walaupun jika digunakan untuk mengganti fungsi gula, madu cukup digunakan sedikit karena madu memang lebih manis di banding gula. Tapi perlu diingat, madu juga bisa menyebabkan diabetes dan obesitas jika digunakan secara berlebihan. 

5. Cuaca dingin bukan penyebab kamu terserang demam

8 Fakta Soal Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orangpexels.com/John-Mark Smith

Ketika berada di tempat bercuaca dingin, kemudian terserang demam, kita akan cenderung menyalahkan cuaca. Padahal, yang menjadi penyebab utama dari demam adalah virus dan kondisi sistem imun kita. Bahkan jika berada di ruangan yang bersuhu hangat sekalipun, jika terdapat virus disana, kita akan bisa terserang demam.

6. Yogurt tidak selalu baik untuk pencernaanmu

8 Fakta Soal Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orangpexels.com/ Pixabay

Kita terbiasa mengkonsumsi yogurt dengan alasan baik untuk pencernaan. Memang benar bahwa di dalam yogurt terkandung bakteri baik yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Tapi, jika di dalam tubuh kita sudah terkandung banyak bakteri, bagaimana pencernaan kita mampu membedakan yang mana bakteri yang berasal dari yogurt tersebut?

Terlebih lagi, yogurt yang sering beredar di pasaran biasanya mengandung pemanis buatan dan juga banyak gula sehingga bukannya menyehatkan, malah penyakit yang menyerang.

7. Makan tengah malam tidak membuatmu gendut

8 Fakta Soal Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orangpexels.com/JÉSHOOTS

Kamu sering merasa khawatir dan takut gendut karena makan tengah malam? Buang jauh-jauh kekhawatiranmu karena itu tidak benar. Bukan porsi makan yang menyebabkan seseorang menjadi gendut tapi karena kurang gerak dan olah raga. Jadi, tidak masalah jika kamu makan seporsi pizza di tengah malam, asal pastikan kamu berolah raga keesokan paginya ya.

8. Manusia punya lebih dari 10 panca indra

8 Fakta Soal Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orangpexels.com/ Pixabay

Selama ini kita dibuat percaya bahwa manusia hanya memiliki 5 panca indra. Padahal pada kenyataannya manusia punya lebih dari 10 panca indra yang bekerja secara aktif setiap harinya. Sebutlah nociception (kemampuan untuk merasa sakit), equilibrio (indera keseimbangan), thermo ception (kemampuan untuk menyeimbangkan temperatur/suhu), dan masih banyak lagi.

Sudah nggak terperdaya lagi kan sama mitos-mitos yang beredar? 

Desy Damay

part time writer, full time daughter

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.