Deteksi Kanker Lebih Awal dengan Waspadai 6 Gejala Ini

Karena kanker mengintai kita.

Deteksi Kanker Lebih Awal dengan Waspadai 6 Gejala Ini medicalland.gr

Seperti yang telah kita tahu, dalam beberapa bulan ini jagat hiburan tanah air sedang dirundung duka. Pasalnya beberapa artis tanah air meninggal dunia dalam rentang waktu yang dekat dengan penyebab yang sama yakni kanker.

Dari Renita Sukardi dengan kanker payudara hingga Julia Perez yang mengidap kanker serviks. Tak bisa dipungkiri, kanker memang telah ada dalam tubuh dan sulit diprediksi perkembangannya. Namun setidaknya  kenali beberapa gejala di bawah ini dan lakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan bahwa sel kanker sedang tidak menjalar di tubuh kita.

1. Sering Merasa Lelah

Lelah setelah melakukan aktivitas memang wajar, tetapi jika hampir setiap saat tubuh selalu merasa kelelahan patutlah diwaspadai jika sel kanker sedang berkembang di dalam tubuh. Perkembangan sel kanker menyebabkan ketahanan tubuh menurun, sehingga badan selalu merasa lemas.

2. Luka/ Gatal yang Tak Kunjung Sembuh

Kulit sangat rentan akan gatal maupun infeksi. Sehingga tak jarang muncul ruam-ruam pada kulit yang menyebabkan gatal, borok, bahkan infeksi. Dan kadangkala infeksi tersebut muncul di daerah alat kelamin maupun selangkangan. Apalagi jika tiba-tiba muncul benjolan yang mengandung nanah ataupun cairan di beberapa bagian tubuh seperti payudara dan punggung, jangan anggap sepele hal ini. Apabila sudah diobati namun tak kunjung sembuh, harap segera periksa ke dokter untuk cek secara berlanjut dan memastikan bahwa hal tersebut bukan gejala kanker.

3. Perubahan Frekuensi dan Periode Buang Air Kecil/ Besar

Jika Anda merasa sangat sering sekali ingin buang air kecil/ besar atau merasa lebih sulit untuk buang air, ada kemungkinan Anda sedang terindikasi kanker prostat. Apalagi jika perubahan frekuensi dan periodenya terjadi secara drastis, Anda patut waspada.

4. Nyeri pada Bagian Tubuh Tertentu

Indikasi adanya kanker bisa dideteksi jika sering terasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Kanker serviks bisa diwaspadai dengan rasa nyeri yang timbul di area perut bagian bawah. Adanya nyeri di bagian kepala secara bolak-balik bisa diwaspadai sebagai gejala kanker otak. Dan nyeri di bagian punggung, bisa diindikasikan sebagai gejala adanya kanker usus maupun kanker dubur.

5. Keluar Darah / Lendir Secara Berlebihan

Gejala kanker juga bisa dilihat dari berubahnya frekuensi keluarnya darah ataupun lendir dari beberapa bagian tubuh. Jangan anggap remeh jika sering keluar darah saat buang air besar, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala awal kanker prostat. Dan juga berhati-hatilah apabila para wanita mengalami keputihan sangat sering, bisa jadi hal itu merupakan gejala adanya kanker serviks.

6. Berat Badan Turun Drastis

Bagi para perempuan khususnya penggila diet, turunnya berat badan adalah hal yang menyenangkan. Namun apabila berat badan turun secara drastis, bisa jadi hal yang membahayakan. Jika menurunnya berat badan tersebut tanpa sebab yang pasti, maka periksakanlah mengenai kesehatan Anda ke dokter.

Elsa Mayang Sari

A girl who really love photography and being busy.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 0%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 0%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 0%
  • Vote Marah Vote
    Marah 0%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 50%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 50%
ARTIKEL TERKINI