#MillennialsMemilih

Aku Makan Sedikit Gemuk, Dia Makan Banyak Kok Kurus? Berikut Penjelasan dan Fakta Kesehatan Lainnya! dairyreporter.com

Aku Makan Sedikit Gemuk, Dia Makan Banyak Kok Kurus? Berikut Penjelasan dan Fakta Kesehatan Lainnya!

Kira-kira kenapa ya?

Manusia dianugerahi anatomi dan fisioligi yang luar biasa hebat. Di sana tersimpan rahasia dan fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui. Oleh karena itu sebaiknya kita perlu belajar agar lebih paham. Lebih pentingnya lagi kita bisa semakin bersyukur kepada tuhan yang maha esa. Selain tentang kurus gendut, kita akan membahas fakta lain agar wawasan bertambah luas 

1. Orang yang makan banyak tapi kurus kemungkinan punya usus yang pendek.

Sebaliknya, orang yang makan sedikit tapi cepat gemuk kemungkinan punya usus yang lebih panjang. Apa hubungannya? Semakin panjang usus, semakin luas bidang penyerapan oleh jonjot usus sehingga banyak pula nutrisi yang disalurkan ke organ tubuh lain. Jika usus pendek makanan cenderung  banyak dibuang ke proses defekasi (BAB) . Makanya sebagian orang yang ingin diet ekstrem memilih metode potong usus ataupun pengecilan lambung agar mudah kenyang. Hii....

2. Makan banyak tapi tetap kurus karena cacingan.

ya, cacingan lebih ke arah higienis atau tidaknya pribadi tersebut. Namun cacingan lebih familiar dijangkit oleh anak anak. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa dapat diserang oleh si cacing. Karena yang kita tahu penyakit ini bisa menular lewat telur telur cacing yang kecil yang bisa dilihat melalui mikroskop.

Cacing penyebab cacingan bukan hanya satu jenis saja, ada Ascaris lumbricoides( cacing perut), Necator americanus (cacing tambang), Trichuris trichiura ( Cacing cambuk) , dan Oxyuris vermicularis (cacing kremi) . Cacing ini hidup di usus dengan menyerap sari makanan sehingga penderita menjadi kurus. Yang paling familiar adalah cacing kremi yang gejalanya adalah gatal gatal di daerah anus pada malam hari. Ada yang pernah ? hehe...

3. Vitamin yang sering terbuang.

Sebenarnya di beras terdapat banyak vitamin. Sayangnya tanpa sadar kita membuangnya secara mubazir. Mencuci beras sampai warna airnya benar benar putih mengakibatkan vitamin B larut di air cucian beras. Nah mulai sekarang cuci berasnya secukupnya saja ya. 2 kali bilas deh..

4. Makan yang gosong-gosong lebih berisiko kanker

karena di dalam kegosongan itu terdapat "benzena" yang merupakan karsinogen. Jadi makanan yang direbus lebih sehat dibanding yang dibakar bakar. Gitu ya, yang enak ternyata ada efek sampingnya.

5. Kenapa saat lampu merah bawaanya pengen marah?

Kita marah karena nunggu lama. Hehe bukan, ini masalah asap kendaraan yang mengandung logam berat Pb yang mengakibatkan kita mudah kesal dan marah. Sebenarnya bukan saat lampu merah saja sih. Kalau pasangan kita ditikung teman juga marah kan, loh!

6. Tinta printer mengandung logam berat.

Kadang tanpa sengaja tangan kita ketumpahan tinta printer, dan dengan tenang kita tidak mencuci tangan dengan benar. Tahu kan risiko terkena logam berat? Lama-kelamaan bisa menyebabkan kerusakan organ bahkan kematian. Jadi lain kali hati-hati ya...

7. Penyakit HIV ada obatnya.

HIV adalah virus yang menyerang limfosit T (komandan pertahanan tubuh) kini ada obatnya, tapi bukan untuk mengobati secara tuntas, namun hanya untuk mempertahankan daya tahan tubuh si penderita sehingga mampu menambah jangka waktu kehidupan. Obat tersebut adalah ARP yang harus dikonsumsi seumur hidup. Ya, kita doakan saja segara ditemukan obat penyembuhnya.

8. Jika bayi sungsang, ibu sujud 8 menit setiap hari.

Normalnya, posisi kepala bayi berada di bawah dekat jalan lahir. Namun ada juga yang posisi kaki yang dibawah. Hal ini tentu lebih sulit dalam proses persalinan normal. Jadi bagi ibu hamil yang bayinya sudah dideteksi sungsang, sering sujud ya...

9. Jangan memasukkan air sabun dalam kloset

Air sabun dapat mematikan bakteri pembusuk yang berguna membusukkan hasil buangan kita. Tapi kalau mau bersihin kloset, boleh kok pakai sabun pembersih.

10. Jangan salah, kanker payudara juga dapat dialami oleh laki-laki.

Meski jarang, namun kasus ini patut diperhatikan oleh kaum adam. Secara teoritis kanker payudara lebih berisiko pada wanita terutama wanita yang mendapat menstruasi pertama pada usia di bawah 12 tahun. Tapi zaman sekarang, dari beberapa penelitian usia dan pertama kali mendapat menstruasi tidak berpengaruh. Lagi-lagi gaya hidup dan faktor genetiklah yang berperan.

11. Tidak dianjurkan memakai sabun pembersih daerah kewanitaan.

Karena sabun pembersih tersebut dapat mematikan flora normal (bakteri) pada vagina. Flora normal tersebut mempunyai peran penting dalam menjaga daerah kewanitaan dari gangguan benda benda asing. Malahan, kelainan dapat ditandai jika menipis/ hilangnya flora normal tersebut. Lagi-lagi Sang Maha Kuasa telah memberi perlindungan yang begitu kompleks 'kan? Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan? Oleh karena itu mari kita mensyukurinya dengan menjaga kesehatan mulai detik ini.

Jangan cuma baca aja. Yuk, tulis juga artikelmu di IDNtimes Community!

Bagaimana cara submit artikel di IDNtimes Community? Ikuti tutorial di atas dan baca informasi lengkapnya di sini.

Maria Ulfa

Kaligrafer, penulis, mawapres analis kesehatan 2016 dan stok terakhir wanita setia di planet mars. FB: ulfa jeihan asykuri

IDNtimes Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Vote
    Senang 0%
  • Vote Vote
    Sedih 0%
  • Vote Vote
    Terhibur 0%
  • Vote Vote
    Marah 0%
  • Vote Vote
    Kaget 0%
  • Vote Vote
    Terinspirasi 0%
About IDNtimes