Lakukan 8 Hal Ini untuk Memperbaiki Kualitas Tidur Kamu

Yuk, tidur berkualitas sekarang.

Lakukan 8 Hal Ini untuk Memperbaiki Kualitas Tidur Kamu pinterest

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak banyak orang melakukan hal tertentu yang bisa membahayakan, misalnya mereka minum obat bebas atau obat resep untuk mendapatkan tidur yang lelap. Tapi ada solusi alami dan lebih sehat yang bisa menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari bagi orang yang memiliki insomnia.

Menerapkan beberapa kebiasaan sepanjang waktu akan membantu kamu ke alam mimpi tanpa obat-obatan atau perangkat teknologi zaman baru yang mahal. Beberapa penyesuaian sederhana terhadap jadwal dan kamar tidur kamu bisa membuat perbedaan.

1. Selalu Mengikuti Jadwal

Biasakan menjalani rutinitas dan berpegang teguh pada hal itu adalah awal yang baik. Ini berarti bangun pada saat bersamaan, bahkan di akhir pekan, dan tidur pada waktu yang sama setiap malam. Jika kamu memiliki pesta akhir pekan untuk pergi, bersenang-senanglah, nikmati dan kemudian secepatnya, kembali ke waktu tidur sesuai jadwal kamu.

2. Olahraga

Olahraga teratur dapat memainkan peran kunci dalam memastikan tidur yang nyenyak. Sangat direkomendasikan berolahraga di pagi hari, jika mungkin, dan bukan di malam hari. Akan sangat membantu jika melakukan yoga atau peregangan di malam hari, namun, hindari latihan yang intens.

3. Perhatikan Jumlah Kafein

Jangan khawatir, tidak perlu menyerah pada secangkir kopi di pagi yang kamu butuhkan untuk bangun dan bergerak. Tapi perhatikan cangkir kopi kedua di kantor, dan cangkir ketiga dan keempat. Banyak orang tidak menyadari jumlah kafein yang mereka konsumsi, terutama di sore hari. Cobalah untuk tidak minum kafein setelah jam 4 sore.

4. Makan-Makanan Sehat

Apa yang kamu konsumsi bisa mendorong kualitas tidur. Makan-makanan yang secara alami tinggi melatonin, seperti pisang dan ikan, yang mengandung vitamin B6 tinggi yang merupakan komponen kunci untuk produksi hormon tubuh. Produk susu dan sayuran tinggi kalsium, sementara biji-bijian tinggi magnesium, yang keduanya dapat mempengaruhi kualitas tidur saat kamu kekurangannya.

5. Tentukan Tujuan Kamar Tidur Kamu

Hentikan kebiasaan bekerja dengan laptop kamu di tempat tidur atau menonton TV di kamar tidur kamu. Dorong lingkungan tidur yang optimal dengan tidak memiliki layar komputer, perangkat elektronik atau gadget lain yang memancarkan cahaya sepanjang malam, yang memberi tahu otak kamu bahwa inilah saatnya untuk tidur. Ini juga berarti menjaga kamar tidur hanya untuk tidur dan istirahat.

6. Membuat Nyaman Kamar Tidur Kamu

Buat tempat tidur yang bisa memanjakan kamu saat tidur dengan tempat tidur yang nyaman dan seprai yang bersih. Pastikan kasur kamu memiliki perasaan yang menyenangkan dan lakukan rotasi secara teratur untuk mempertahankan bentuknya dan nyaman untuk kamu. Dan jangan lupakan bantal kamu, mencucinya secara teratur membantu agar tetap segar dan bersih. Jika bantal kamu berusia lebih dari 2 tahun, mungkin sudah saatnya menggantinya dengan yang baru.

7. Hindari Minum Sebelum Tidur

Untuk membantu mengurangi kemungkinan tidur terganggu, hindari minum cairan dua jam sebelum tidur dan gunakan kamar mandi tepat sebelum tidur. Ini akan mengurangi kebutuhan untuk bangun tidur pada malam hari untuk menggunakan kamar kecil.

8. Hindari Melakukan Sesuatu Yang Berat

Untuk memungkinkan tubuh dan pikiran kamu menjadi rileks dan mengantuk sebelum menyentuh bantal, hindari sesuatu yang berat-berat. Kamu bisa membaca sebuah novel atau majalah, bukan dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan dan tugas lainnya. Ini akan membuat pikiran kamu santai dan jadi terasa mengantuk.

nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 83%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 0%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 17%
  • Vote Marah Vote
    Marah 0%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 0%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 0%
ARTIKEL TERKINI