Suntik Insulin Saat Puasa, Begini Caranya Supaya Tak Batal

Catat baik-baik ya...

Suntik Insulin Saat Puasa, Begini Caranya Supaya Tak Batal pinterest.com

Menyuntik saat puasa selalu menjadi perdebatan tersendiri, apakah bisa membatalkan puasa atau tidak. Sebelumnya, telah dibahas bahwa suntikan yang dapat membatalkan puasa itu tergantung jenisnya. Lalu, bagaimana dengan suntikan insulin?

Suntikan insulin ini biasanya harus dijalani oleh para penderita diabetes. Biasanya para penderita diabetes harus melakukan penyuntikan insulin ke tubuhnya setengah jam sebelum makan. Ternyata ada beberapa pendapat tentang batal atau tidaknya menggunakan suntikan insulin saat puasa.

Banyak pendapat tentang menjalani suntikan insulin pada saat puasa.

Pendapat pertama mengatakan bahwa melakukan suntikan insulin dapat membatalkan puasa. Karena mereka berpendapat bahwa apapun yang tergolong memasukkan sesuatu ke dalam tubuh, baik itu benda cair, benda padat, sifatnya makanan atau pun obat dapat membatalkan puasa. Sedangkan pendapat lainnya mengatakan bahwa suntikan insulin tidak membatalkan puasa. Karena suntikan tersebut tidak melaui mulut dan melewati tenggorokan.

Suntikan insulin tidak membatalkan puasa.

Menurut Lembaga Fatwa Mesir, suntikan insulin dinyatakan tidak membatalkan puasa. Mereka menilai karena suntikan insulin dilakukan melalui kulit. Meskipun suntikan tersebut melewati organ pencernaan, tapi masuknya tidak melalui mulut. Suntikan insulin juga bukanlah makanan, suntikan ini hanya suntikan glukosa yang menghubungkan dengan darah tanpa melalui usus.

Baca Juga: Gak Usah Suntik Putih, Ini 7 Cara Paling Aman dan Murah Untuk Memutihkan Kulit Ketiak!

Ganti jadwal suntikmu dengan pola ini.

Nah, jika kamu masih mengalami keraguan, ada baiknya kamu mengganti jadwal suntikan ini pada saat malam hari. Menurut Dr. A.B. Wardoyo, SpPD dari RS. Premier Bintaro, jika kamu termasuk pengguna insulin kerja panjang, berikan suntikan pada tubuhmu saat berbuka puasa. Sedangkan, bagi kamu pengguna insulin kerja cepat. Gunakanlah pada saat makan sahur dengan dosis setengah dari biasanya dan pada saat berbuka puasa dengan dosis yang sama seperti biasanya.

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi bukan? Kamu bisa tetap beribadah puasa dan juga mengontrol kondisi kesehatanmu.

Baca Juga:  Suntik Saat Puasa Bikin Batal? Cermati Hukumnya

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 0%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 0%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 100%
  • Vote Marah Vote
    Marah 0%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 0%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 0%
ARTIKEL TERKINI