Penyakit yang Wajib Kamu Waspadai di Umur 20 Tahunan

Pola hidup anak muda zaman sekarang, ternyata punya efek berbahaya bagi kesehatan!

Penyakit yang Wajib Kamu Waspadai di Umur 20 Tahunanpexels.com

Line IDN Times

Guys, tidak dipungkiri majunya teknologi, tubuh kita semakin banyak ‘istirahat’-nya. Mau makan, tinggal pesan pakai smartphone. Mau ke mana-mana tapi malas nyetir, tinggal pesan kendaraan online. Apalagi usia 20-30 tahun adalah usia yang produktif, lagi semangat–semangatnya berkarier.

Sudah banyak yang kerja lalu kuliah di malam hari. Saking sibuknya selalu suka begadang. Maunya yang instan, dan kalau bangun pagi suka tidur lagi.

Ternyata, pola hidup seperti itu memiliki efek berbahaya bagi kesehatan. Bagi kamu yang peduli dengan kesehatan, simak deh, artikel di bawah ini! Berikut adalah penyakit–penyakit yang harus diwaspadai di umur 20-30 tahun:

1. Osteoporosis

Ini efek dari tubuh kita kebanyakan istirahat, guys. Semakin bertambah usia, pengeroposan tulang sudah bereaksi. Pengeroposan makin cepat di usia 30 tahun. Untuk menghindari risiko pengeroposan dini, kita bisa merawat tulang dari sekarang. Yaitu dengan olahraga.

Lakukan olahraga secara bertahap bagi yang tak biasa rutin. Bulan ini olahraga tiga kali seminggu dengan durasi 30 menit. Bulan berikutnya ditambah lagi durasinya.

2. Kolesterol

Kalau ini, karena pola makan yang maunya instan – instan. Untuk yang sering makan makanan cepat saji, sebaiknya dikurangi deh mulai sekarang. Karena makanan cepat saji itu rendah nutrisi dan kalorinya tinggi. Selain itu, kamu juga harus rajin konsumsi sayur. Disarankan juga untuk periksa ke dokter untuk mengecek angka kolesterol kamu dan tekanan darah kamu. Perlu kamu tahu, kolesterol itu mengakibatkan hipertensi. Hipertensi memicu stroke atau serangan jantung. Hii, takut ya.

3. Diabetes

Penyakit diabetes muncul karena banyaknya kadar gula dalam darah. Gula ini diperoleh dari kebanyakan makan karbohidrat. Emang ya, yang berlebihan itu tidak baik, guys. Lagi-lagi ini berasal dari makanan cepat saji, seperti junk food, mie instan. Selain itu, diabetes juga disebabkan karena jam tidurnya tidak teratur dan kurang berolahraga. Duh! Kalau gitu jangan sering begadang ya, guys. Kalau memang harus pulang malam, kalau udah sampai di rumah langsung mandi dan tidur secukupnya. Jangan diterusin yaa meleknya.

4. Kanker

Penyebab timbulnya kanker itu karena gaya hidup yang tidak sehat. Merokok, minum alkohol, makan junk food dan kurang olahraga. Padahal kita lihat di sekitar kita hal itu hal yang lumrah banget ya, guys. Baiknya kamu berhenti merokok, minum alkohol, makan junk food dan giatkan olahraga. Disarankan kamu periksa ke dokter untuk periksa di tubuh kamu ada kanker atau tidak. Khususnya perempuan, periksa rahimnya juga, ya. Demi kehidupan kamu yang lebih baik juga kok.

5. Depresi

Karena semangat yang menggebu-gebu untuk melakukan banyak hal, apa saja disanggupi. Begadang ngerjain kerjaan kantor, ketemu sama banyak client dalam satu hari, kerja paruh waktu sampai malam, ada dateline kerjaan freelance, duh! Stres deh banyak banget kegiatannya. Bisa – bisa depresi, nih.

Eits, jangan dong. Untuk menghadapinya, coba deh setiap hari membuat to-do-list yang berisi tentang hal – hal yang akan kamu lakukan apa saja per harinya. Dengan membuat to-do-list, hidup kita lebih teratur karena sudah terencana. Karena sudah terencana, jadi bisa lebih fokus.

Selain itu, harus rajin mendekatkan diri kepada Tuhan. Agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan dan membuat hati menjadi lebih tenang.

Sudah tahu ya, guys gimana akibatnya apabila pola hidup kita tidak sehat. Mulai dari hal kecil dengan makan makanan sehat, olahraga, berhenti merokok dan minum alkohol serta waktu tidur yang teratur, akan membuat tubuh terhindari dari berbagai macam penyakit mematikan. Semoga kita bisa menjadi lebih baik lagi. Semangat, ya!

Taufik Romadhon

Mahasiswa, Freelance Writer, Freelance Designer, Dropshiper, Paytrener

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI