9 Mitos Bikin Hamil yang Pernah Kamu Percayai Semasa Kecil

Ada yang konyol sampai seram!

9 Mitos Bikin Hamil yang Pernah Kamu Percayai Semasa Kecilwww.giphy.com

Otak anak-anak sering diandaikan seperti spons yang sangat mudah menyerap informasi. Entah itu salah atau benar, nalar anak-anak belum punya kompetensi untuk menentukannya. Itulah sebabnya waktu kita kecil mudah banget termakan mitos dan urban legend. Entah dari sesama teman maupun dari orang dewasa.

Misalnya aneka mitos soal penyebab kehamilan yang pernah beredar dan mudah dipercaya waktu kita masih kecil. Mitos-mitos ini sukses jadi perbincangan dan bikin beberapa dari kita jadi takut melakukan beberapa hal sederhana. Apa saja sih?

1. Zaman kecil kamu mungkin percaya kalau pegangan tangan bisa bikin hamil.

pexels-photo-127420-4d7257431b89336515afff70c94e10c7.jpegwww.pexels.com

Waktu kecil, hal sesederhana bergandengan tangan dengan teman beda kelamin terasa begitu menantang. Sampai saling ejek mengejek dan dorong-dorongan gitu kalau lagi membicarakan soal gandengan. Selain zaman kecil kita memang masih norak soal hubungan pria dan wanita, itu juga mungkin dipicu rumor kalau pegangan tangan dengan laki-laki bisa bikin cewek hamil!

Setelah dewasa kamu tahu sendiri kan kalau hal itu gak benar dan... konyol. Tapi waktu kecil mungkin kamu salah satu yang parno banget kalau disuruh menggandeng teman beda jenis kelamin.

2. Kalau gak hamil karena gandengan, ya karena duduk bersanding dengan lawan jenis...

pexels-photo-374592-564a21532948c2190a58bad457cb6521.jpegwww.pexels.com

Mirip-mirip lah dengan point sebelumnya. Namun, untuk kepercayaan satu ini bisa jadi dipicu karena mempelai pria dan wanita selalu duduk bersanding saat acara pernikahan kali ya. Padahal mah gak ada apa-apa kalau duduk dekat atau bersanding dengan teman yang berbeda jenis kelamin. Duduk biasa lho ya, gak macem-macem. Hehe.

3. Pelukan juga disebut-sebut bakal bikin hamil!

pexels-photo-45644-a2175c95f7010c206d8d9a5f4af67f65.jpegwww.pexels.com

Pelukan memang salah satu kontak fisik yang tergolong intim dan hanya pantas dilakukan pasangan resmi atau antara sanak keluarga. Namun jelas kepercayaan kalau berpelukan saja dapat membuat hamil itu salah kaprah besar.

4. Ciuman, baik itu di pipi atau kening, konon dapat menyebabkan hamil.

pexels-photo-366378-ecee526efd55516e8ad4affbff3aa3d0.jpegwww.pexels.com

Sama seperti poin 4, ciuman memang bisa mengarah ke kegiatan khusus pasangan resmi saja. Namun, kepercayaan bahwa kecupan saja bisa menanamkan benih di rahim seseorang tentu sangat gak benar. Yah mungkin rumor ini dihembuskan agar anak-anak dan remaja gak gampang sosor sana-sini sehingga mengarah ke hal-hal yang gak diinginkan kali ya.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Unik Perempuan Yahudi Saat Hamil Biar Anak Cerdas

5. Salah satu yang paling kontroversial: berenang di kolam yang sama dengan cowok bisa bikin hamil!

pexels-photo-383603-525ad8c40ea08a23faa8aabca28e0909.jpegwww.pexels.com

Salah, salah, salah. Isu ini gak terbukti kebenarannya dan ada penjelasan ilmiahnya kok!

6. Ada juga yang pernah dengar rumor bahwa pakai handuk yang sama dengan cowok bikin hamil.

blanket-1846052-960-720-597606e0aa20dba67955151e30f514f4.jpgwww.pixabay.com

Mirip-mirip dengan rumor hamil karena berenang di kolam yang sama, beberpa darimu mungkin pernah dengar rumor cewek hamil karena meminjam handuk teman cowoknya untuk mengeringkan badan seusai olahraga/berenang ya? Yah baca dulu penjelasan ilmiahnya baru bisa paham.

7. Tidur (sebatas terlelap atau berbaring) bersama juga dikira bisa bikin 'perut melendung'.

kids-laying-in-grass-5a9d4fb295631b762b0a2ef12a1e1fd0.jpgwww.themediaconcierge.net

Ya jelas gak lah! Apa yang bisa terjadi kalau kamu dan lawan jenismu hanya terlelap tanpa melakukan apa-apa? Tidur ya tidur aja, gak akan menimbulkan apa pun. Ciuman pun gak bisa karena lelap. Hehe... Mungkin kepercayaan ini akibat identiknya frasa "tidur bareng" untuk memperhalus kata seks. Padahal hanya sebatas ungkapan kiasan.

8. "Jangan lihat anunya anak cowok! Nanti kamu bisa hamil!" katanya waktu kecil gitu.

dfssfg-a710f473880c4803cc640bbcfcbec10b.gifwww.giphy.com

Kalau cuma melihat (atau gak sengaja terlihat) ya jelas tak akan menyebabkan kehamilan. Sudah jelas kehamilan hanya bisa disebabkan dengan hubungan seks penetrasi antara pria dan wanita subur. Tatapan mata saja gak akan mengantarkan sperma ke dinding rahim wanita. Namun sepertinya mitos ini juga dimaksudkan agar anak-anak menjaga sikap, kesusilaan dan rasa penasaran mereka.

9. Dan ada juga mitos-mitos soal gadis dihamili mahkluk supernatural...

ghosts-gespenter-spooky-horror-40748-aa2b21f0e948b292931882cc82faeb11.jpegwww.pixabay.com

Indonesia sepertinya gak bisa lepas dari kepercayaan supernatural ya. Kamu mungkin pernah mendengar urban legend gadis-gadis yang tiba-tiba hamil dan katanya karena ulah makhluk supernatural. Misalnya jangan tidur memakai baju warna apa, atau dalam posisi apa. Ada juga kabar-kabar burung soal wanita yang tahu-tahu hamil padahal belum pernah bersuami.

Itu dia 9 mitos bikin hamil yang pernah kamu percayai bahkan takuti semasa kecil. Ini sebenarnya jadi salah satu tolak ukur bahwa pendidikan seks yang terarah itu perlu agar gak salah kaprah. Apa pendapat kamu soal rumor-rumor ini setelah dewasa seperti sekarang? Atau jangan-jangan kamu masih percaya ya dengan mitos-mitos ini? Jika kamu punya mitos bikin hamil lainnya, coba deh tuliskan di kolom komentar.

Baca Juga: Wanita Bisa Hamil Tanpa Seks? Ini Jawaban Ilmiahnya!

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI