Bagi pasangan yang telah menikah, mendapatkan anak tentu akan meningkatkan kemesraan antara suami dan istri. Banyak cara yang dilakukan oleh pasangan untuk bisa mendapatkan momongan. Kehamilan diakibatkan oleh pertemuan sel sperma dan sel ovum. Oleh karena itu, penting untuk para calon ayah dan bunda memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kedua sel tersebut.

Salah satu faktor yang paling berperan dalam meningkatkan kesuburan yaitu nutrisi. Studi mengatakan bahwa nutrisi yang baik dari ayah dan ibu dapat meningkatkan kesuburan untuk mendapatkan bayi bahkan kesehatan sang bayi sampai dia menginjak remaja. Bahkan, nutrisi kakek dan nenek dahulu dapat mempengaruhi kesuburan pasangan dan kesehatan bayi.

Terkadang mengatur makanan bisa menyebabkan stres bagi pasangan. Hubungan tubuh dan pikiran jangan diremehkan karena dapat mempengaruhi kesuburan. Makanan seharusnya enak, lezat, bervariasi, dan menyenangkan ketika dimakan. Sehingga, tidak membuat stres dan memberikan nutrisi yang menunjang fertilitas pasangan.

Berikut ini merupakan makanan yang dapat meningkatkan kesuburan bagi pasangan, disertai tips untuk mengolahnya.

 

1. Alpukat

10 Makanan Enak yang Dipercaya Bisa Bikin Cepet Dapat Momonganrd.com

Alpukat seperti paket lengkap yang mengandung mineral, vitamin, lemak esensial, protein, karbohidrat dan serat. Buah ini juga kaya akan vitamin E yang membantu menguatkan rahim dan membantu pelekatan bakal janin. Alpukat juga mengandung banyak folat untuk meningkatkan kesuburan dan mencegah kelainan pada bayi.

Tips untuk mengolah: Pilihlah apukat yang telah matang benar. Alpukat dapat diiris untuk dikonsumsi bersama roti gandum bersama dengan tomat, basil dan diberikan dengan minyak zaitun untuk menambah rasa. Menu ini dapat digunakan sebagai sarapan.

2. Labu Madu

10 Makanan Enak yang Dipercaya Bisa Bikin Cepet Dapat Momonganurbanseedling.com

Labu madu kaya akan beta-karoten yang dapat meningkatkan kadar hormon progesterone pada perempuan dan meningkatkan jumlah sperma pada pria.

Tips untuk mengolah: Labu madu dapat digunakan untuk beraneka ragam makanan. Sup labu dengan bawang putih, daun tim, dan lada hitam bisa menjadi pilihan lezat bagi pasangan yang ingin punya momongan.

3. Akar Bit

10 Makanan Enak yang Dipercaya Bisa Bikin Cepet Dapat Momongansbs.com.au

Akar bit kaya akan antioksidan yang dapat melawan hambatan usia pada kehamilan. Selain itu, akar bit kaya akan nitrat yang dapat membantu menguatkan rahim dan sangat bagus pada pasangan yang sedang dalam program bayi tabung.

Tips untuk mengolah: Akar bit bisa dibelah menjadi empat bagian lalu ditambahkan minya zaitun, cuka balsamik dan bawang putih utuh. Tambahkan daun tim atau oregano lalu panggang dalam oven dalam alumunium foil.

 

4. Salmon

10 Makanan Enak yang Dipercaya Bisa Bikin Cepet Dapat Momongand3awvtnmmsvyot.cloudfront.net

Salmon kaya akan omega 3 yang penting untuk kesuburan wanita. Lebih baik mengonsumsi salmon hasil tangkapan dibandingkan dengan peternakan untuk menghindari bahan kimia berlebihan.

Tips untuk mengolah: Salmon biasanya enak diolah menjadi makanan oriental, seperti teriyakin, sushi dan sashimi.

 

5. Telur

10 Makanan Enak yang Dipercaya Bisa Bikin Cepet Dapat Momonganmypcos.info

Telur merupakan sumber nutrisi yang lengkah. Sehingga, dapat membantu kesuburan bagi pasangan. Selain itu, telur juga mengandung asam folat yang bagus untuk perkembangan janin.

Tips untuk mengolah: Telur dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan. Telur rebus dengan lada hitam dipadukan dengan makanan lain saat sarapan atau dalam paket english breakfast bisa menjadi pilihan yang cukup lezat.

 

6. Kacang Kenari

10 Makanan Enak yang Dipercaya Bisa Bikin Cepet Dapat Momongansc01.alicdn.com

Kandungan omega 3 dan vitamin E pada kacang kenari dapat meningkatkan kualitas sperma. Sedangkan, vitamin B kompleks dan protein dapat kesehatan rahim. Menurut penelitian, kacang kenari sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan dibandingkan jenis kacang yang lain.

Tips untuk mengolah: Kacang ini bisa dimakan sebagai snack atau meningkatkan rasa pada salad.

 

7. Quinoa

10 Makanan Enak yang Dipercaya Bisa Bikin Cepet Dapat Momongannaturalchow.com

Quinoa mengandung protein yang lengkap. Karena bahan dasar utamanya biji quinoa, makanan Mediterania merupakan makanan yang paling bagus meningkatkan kesuburan bagi pasangan yang menginginkan keturunan.

Tips untuk mengolah: Quinoa dapat dimasak seperti nasi, dapat ditambahkan sayur, bawang putih dan rempah lainnya.

8. Selada Air

10 Makanan Enak yang Dipercaya Bisa Bikin Cepet Dapat Momonganabelandcole.co.uk

Selada air merupakan salah satu sayuran yang mengandung nutrisi yang lengkap, seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, beta-karoten, besi dan iodin yang jarang ada pada makanan modern saat ini.

Tips untuk mengolah: Selada air dapat digunakan untuk salad atau lalapan saat makan.

 

9. Delima

10 Makanan Enak yang Dipercaya Bisa Bikin Cepet Dapat Momonganpeacemakerstabernacle.com

Delima kaya akan nutrisi penting termasuk vitamin C, vitamin K, asam folat dan vitamin serta mineral lainnya. Di zaman Persia kuno, buah ini dianggap sebagai lambang kesuburan.

Tips untuk mengolah: Buah ini enak dikonsumsi langsung dan dapat diserta dengan kacang kenari atau daun mint segar.

 

10. Asparagus

10 Makanan Enak yang Dipercaya Bisa Bikin Cepet Dapat Momongans3.amazonaws.com

Asparagus merupakan sumber antioksidan, vitamin C dan asam folat. Asam folat penting untuk meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita.

Tips untuk mengolah: Asparagus dapat diolah menjadi sup atau dikukus dan disajikan bersama telur.

Nah, tadi itu makanan yang dapat meningkatkan kesuburan dan juga mempersiapkan nutrisi buat si jabang bayi. Jangan lupa, berdoa kepada Tuhan dan hindari stres. semoga cepat diberikan momongan, ya.

 

Abey Photo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.