Setelah melahirkan, keadaan pasti sudah tidak sama seperti saat kamu belum melahirkan dulu. Saat berhubungan seks pun, ada hal-hal yang bisa jadi mengejutkanmu dan membuatmu merasa tidak nyaman melakukannya.

Hal itu wajar-wajar saja, makanya kamu perlu tahu 5 fakta tentang seks setelah melahirkan ini biar kamu gak kaget. Langsung aja ini informasinya!

1. Kamu tidak akan merasa begitu baik pada awalnya

5 Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Seks Setelah Melahirkanvariety.com

Karena sebagian besar wanita mengalami trauma melahirkan, berhubungan seks bisa jadi menjadi mimpi buruk. Kamu akan merasa seperti melakukan seks pertama kali dan membuatmu merasa tidak nyaman. Apalagi hormon wanita yang sangat tidak menentu setelah melahirkan, bisa jadi mempengaruhi keluarnya sperma dengan lancar. Biasanya, dokter akan menyarankan kamu untuk berhubungan seks setelah enam minggu.

2. Kamu jadi tidak begitu menginginkan seks

5 Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Seks Setelah Melahirkanimdb.com

Dan ada alasan baik di baliknya. Ketika kamu belum memiliki anak, melakukan seks seperti sudah jadi rutinitas pasti yang kamu miliki dengan pasangan. Namun setelah melahirkan, hal itu tidak jadi sesuatu yang harus lagi. Kamu sudah mulai memiliki hal lain yang kamu rasa jauh lebih penting yaitu menghabiskan waktu dengan bayimu yang baru lahir. Jangan kaget kalau kamu tidak terlalu menginginkan seks setelah melahirkan.

Baca juga: 7 Hal Soal Kesehatan Seksual Ini Gak Disampaikan oleh Kebanyakan Dokter

3. Butuh waktu untuk terangsang

5 Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Seks Setelah Melahirkanimdb.com

Bisa jadi kamu malah akan memalsukan orgasme saat seks setelah melahirkan. Butuh waktu yang lumayan untuk membuat tubuhmu merespon rangsangan dari suami. Hal ini disebabkan oleh hormon yang tidak menentu, ditambah dengan stres alami yang akan kamu rasakan setelah baru saja menjadi seorang ibu.

4. Hormon esterogen anjlok

5 Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Seks Setelah Melahirkanvanityfair.com

Jangan kaget saat kamu tiba-tiba tidak bisa merasa ingin melakukan seks apalagi saat kamu mulai menyusui. Hormon esterogen atau hormon seks pada wanita bisa jadi anjlok dan menyebabkan kekeringan vagina. Ini bisa berpengaruh penting dalam hubungan seksmu. Jangan ragu untuk menggunakan bantuan pelumas alami untuk memudahkan hubungan percintaanmu.

5. Orgasme paling nikmat itu justru setelah melahirkan

5 Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Seks Setelah Melahirkanglamour.com

Jangan kaget dengan fakta yang satu ini. Kamu mungkin berpikir hal ini tidaklah mungkin mengingat proses kelahiran normal yang kamu jalani. Tapi, vagina merupakan organ yang bisa kembali ke posisi semula dengan cepat setelah berhasil mendorong bayi keluar. Kamu tidak perlu khawatir vaginamu akan mengalami kelonggaran karena justru seks dan orgasme terbaik itu pada saat setelah melahirkan.

Keadaan yang tidak biasa itu akan membaik seiring berjalannya waktu. Kamu bisa merasakan lagi seks yang nyaman dan menyenangkan. Gak perlu kaget dan merasa aneh, kamu hanya butuh sedikit waktu untuk membuatnya terbiasa.

Baca juga: 5 Alasan Logis Kenapa Seks Terkadang Menyakitkan di Vagina