Terjadi sebulan sekali membuat menstruasi jadi hal yang biasa buat semua cewek. Kamu pasti juga sudah mengenal gejala apa yang akan timbul di tubuhmu saat akan mendekati periode menstruasi. Namun, kamu juga jangan menganggap enteng sampai tidak memedulikan periode menstruasimu.

Nah, berikut adalah hal-hal yang jangan sampai kamu lakukan saat menstruasi. Ini akan membuat menstruasimu jadi tidak nyaman dan bisa jadi memiliki pengaruh pada organ intimmu.

1. Terlalu banyak ngemil bisa membuat perutmu kembung

7 Hal yang Jangan Sampai Kamu Lakukan Saat Menstruasimabra.com

Makan makanan asin bisa menyimpan banyak kandungan air dalam tubuh, makanya kamu pasti kembung kalau terlalu banyak ngemil saat menstruasi. Sebaiknya kamu hindari saja ngemil yang terlalu asin saat menstruasi untuk menghindari perut kembung itu.

2. Bemalas-malasan akan menghancurkan moodmu

7 Hal yang Jangan Sampai Kamu Lakukan Saat Menstruasiciberia.com.br

Jangan sampai kamu bermalas-malasan bahkan tidak mau bergerak sama sekali. Asal kamu tahu, olahraga saat menstruasi ampuh meningkatkan mood, lho. Dengan olahraga, kamu bisa meningkatkan detak jantungmu dan itu bakal baik buat suasana hatimu. Kalau kamu tambah malas, maka kamu jadi tambah gak mood.

3. Tidak menghitung periode menstruasi juga tidak baik, lho

7 Hal yang Jangan Sampai Kamu Lakukan Saat Menstruasirealitatea.md

Menghitung periode menstruasi memang membutuhkan waktu dan ketelitian. Tapi saat kamu rutin melakukannya maka kamu akan tahu duluan jika ada yang janggal dengan menstruasimu. Dengan menghitung kamu juga bisa menjaga makananmu dengan tepat. Semua akan jadi lebih baik saat kamu tahu jelas apakah menstruasimu tepat waktu atau tidak.

4. Hal yang jangan sampai kamu lakukan lainnya: Begadang!

7 Hal yang Jangan Sampai Kamu Lakukan Saat Menstruasilivescience.com

Tidak cukup istirahat akan membuatmu jadi lebih rewel dari biasanya. Kamu pasti sudah tahu bahwa menstruasi akan membawa dampak besar pada perubahan moodmu, dan istirahat adalah kunci untuk mengobatinya. Kamu butuh istirahat supaya kamu bisa lebih terkontrol.

Baca juga: 5 Hal yang Kamu Lakukan Ini Cuma Buat Menstruasimu Gak Lancar

5. Jangan sampai kamu tidak melihat warna darah menstruasimu sendiri

7 Hal yang Jangan Sampai Kamu Lakukan Saat Menstruasinetdoctor.co.uk

Perhatikan juga warna menstruasimu. Tekstur dan warna akan menunjukkan kalau ada yang salah dengan tubuhmu. Warna yang tidak biasa bisa jadi tanda adanya infeksi pada vagina. Misalnya saja jika menstruasimu berwarna orange, maka lebih baik kamu memeriksakannya ke dokter untuk mendeteksi kalau-kalau adanya penyakit.

6. Jangan sampai kekurangan zat besi

7 Hal yang Jangan Sampai Kamu Lakukan Saat Menstruasihealth.com

Saat menstruasi, selain kebersihan yang harus kamu perhatikan adalah cara makanmu. Apa yang kamu makan itu sangat berpengaruh. Karena kamu akan kehilangan banyak darah yang mengandung zat besi, maka kamu butuh penggantinya lewat makanan. Zat besi berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membuatmu lebih bertenaga. Makan makanan seperti tiram, kacang merah, bayam akan baik bagi tubuhmu saat menstruasi.

7. Jangan sampai lupa cuci tangan sebelum ganti pembalut

7 Hal yang Jangan Sampai Kamu Lakukan Saat Menstruasicountryliving.uk

Sepele sih, tapi coba deh kamu bayangkan tanganmu yang kotor itu menyentuh pembalut baru yang akan kamu kenakan. Dengan tidak mencuci tangan, sama artinya kamu sedang menempelkan banyak kuman di vaginamu. Yang ada bukannya bersih, malah tambah kotor.

Hanya karena kamu menganggap kamu sudah kenal dengan tubuhmu, bukan berarti kamu bisa menyepelekannya begitu saja. Hal-hal kecil yang kamu anggap sepele, bisa jadi memiliki dampak yang besar kalau kamu lengah. Sebaiknya, jangan lagi lakukan semua hal di atas, ya!

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Fitness yang Kamu Jalani Tidak Membuahkan Hasil