Kanker merupakan penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tak terkendali, dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita. Kanker dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, anak-anak ataupun dewasa. Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP mengatakan, ada tiga hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit kanker.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Cukup Lakukan 3 Hal Sederhana Ini untuk Cegah Kanker huffingtonpost.com

"Perlu diketahui, faktor makanan pada kanker sama besarnya pada rokok. Kalau rokok bisa diatasi dengan berhenti merokok, tetapi kalau makanan gak mudah. Peran makanan lebih besar dalam menimbulkan kanker karena jenis makanan variatif," ujar Aru saat Temu Media Hari Kanker Sedunia di Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Karena alasan ekonomi, lanjut Aru, banyak orang mengambil jalan pintas dalam menyediakan makanan.

"Hati-hati sama saus tomat dalam makanan yang dijual di pinggir jalan. Saat ini, banyak juga makanan yang mengandung formalin. Ini yang dapat menyebabkan kanker kalau dikonsumsi jangka panjang," terangnya.

Baca juga: Kenali Gejala Kanker Usus Besar dengan Tiga Cara Ini

2. Mempertahankan berat badan ideal

Cukup Lakukan 3 Hal Sederhana Ini untuk Cegah Kanker health.com

Menurut Aru, berat badan ideal berpotensi mencegah timbulnya kanker dalam tubuh. Namun, dia tak menyarankan diet ketat sebagai jalan keluar. Menjaga pola makan (tidak makan berlebihan atau terlalu sedikit) dan menjaga kondisi fisik sudah cukup untuk menyehatkan badan.

3. Olahraga teratur

Cukup Lakukan 3 Hal Sederhana Ini untuk Cegah Kanker Unsplash/Ben O'Sullivan

"Jalan kaki di sekeliling kompleks minimal 30 menit sehari dapat mengurangi potensi terkena kanker 35 persen, apalagi kalau dikurangi merokok," ungkapnya.

Selain melakukan tiga hal sederhana di atas, seseorang juga dianjurkan menghindari faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker, seperti diet tak seimbang atau rendah serat, kurang aktivitas fisik, merokok dan terpapar asap rokok, konsumsi alkohol, terpapar sinar ultraviolet, dan perilaku seksual yang berisiko.

Baca juga: Ini 7 Rahasia Para Wanita yang Gak Pernah Diet Tapi Tetap Kurus